SMPIT Arkan Cendekia - School of The Future




SMPIT Arkan Cendekia baru berdiri tahun 2017. Keberadaannya adalah untuk mewujudkan cita-cita Yayasan Arkan Cendekia berperan dalam membangun generasi yang berakhlak mulia, cerdas dan mandiri.
Saat ini SMPIT Arkan Cendekia telah memiliki 6 (enam) rombongan belajar dari kelas VII hingga IX dengan peserta didik berjumlah 88 siswa putra dan putri. Waktu tempuh siswa dari tempat tinggal ke sekolah paling lama adalah 15 menit menggunakan sepeda. Hal ini menunjukkan kepercayaan masyarakat sekitar sekolah yang makin meningkat setiap tahun.
Mengusung konsep pendidikan yang memadukan kurikulum nasional dan diniyah, SMPIT Arkan Cendekia menerapkan kelas terpisah putra dan putri untuk membiasakan mereka menjaga etika pergaulannya dengan lawan jenis. Hafalan al quran dan hadist menjadi menu yang dikonsumsi setiap hari dengan tujuan menanamkan nilai-nilai luhur agama ke dalam hati dan fikiran siswa. Kultum zhuhur dan shalat dhuha serta puasa sunnah Senin dan Kamis juga memiliki tujuan yang selaras dengan tujuan Pendidikan Nasional yaitu membentuk karakter pribadi yang bertakwa.
Selain memperhatikan pembentukan akhlak, SMPIT Arkan Cendekia juga mendukung pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini diwujudkan dalam bentuk sarana berupa jaringan internet dengan peralatan wifi yang khusus setiap kelas untuk menjamin setiap siswa mendapatkan akses internet yang maksimal. TV LED 40 inch disertai dengan kabel HDMI sebagai alat koneksi dengan laptop yang dimiliki oleh setiap guru tersedia di setiap kelas. Android TV Box juga disediakan bilamana guru memerlukan penggunaan aplikasi dari Play Store. Infrastruktur ini masih ditunjang juga dengan laboratorium computer yang dimanfaatkan siswa pada jam-jam istirahat dan ektrakurikuler untuk mempelajari desain hingga bahasa pemrograman ataupun sekedar untuk menyimak video dan modul pembelajaran.
Tidak hanya sarana fisik, pembelajaran berbasis TIK juga didukung oleh SMPIT Arkan Cendekia dalam bentuk portal siswa dan guru yang berisi web-link ke portal-portal pendidikan seperti duolingo, quizizz, komik.pendidikan, rumah belajar dan lainya. Melalui portal siswa dan guru, semua warga SMPIT Arkan Cendekia dapat meningkatkan literasinya melalui tulisan yang dapat diunggah dan kemudian dibaca oleh semua pihak yang mengakses portal tersebut. Computer based exam juga diterapkan dengan memanfaatkan media kuis dari Microsoft dan Google serta CBT mandiri yang dikembangkan oleh developer yang bekerja sama dengan SMPIT Arkan Cendekia.
Kegiatan belajar dilaksanakan oleh staf pengajar dengan kualifikasi S1 dan S2, berlatar belakang universitas negeri, swasta, dalam dan luar negeri, umum hingga pesantren.
Kegiatan belajar mengajar berlangsung selama lima hari Senin-Jumat full day jam 07.30-16.30. Empat kali dalam setahun dilaksanakan dauroh untuk pemantapan bekal diniyah, tiga kali setahun kegiatan outing berupa LDKS, Super Camp dan Social Field Trip yang bertujuan untuk memperkuat kecerdasan emosional melalui interaksi social dengan lingkungan dan masyarakat. Ragam kegiatan ekstrakurikuler, kampanye gerakan literasi sekolah, dan workshop kewirausahaan diprogramkan untuk menunjang multi potensi siswa dan mendorong kecakapan berorganisasi serta kemandirian.
Peran serta masyarakat dalam wadah komite sekolah yang partisipatif dan aktif juga menunjukkan keterbukaan manajemen sekolah dalam proses pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar